Perpustakaan Fakultas Biologi menyambut mahasiswa 2017

By | 30th August 2017
0aef724d-c48f-41e6-9edd-d51834242153

Peserta ToT

Mengawali kegiatan Perpustakaan Fakultas Biologi UGM pada awal semester I tahun ajaran 2017/2018, perpustakaan mengadakan training of trainer tentang penelusuran akses database jurnal elektronik dan manajemen sitasi menggunakan Mendeley. Kegiatan ini ditujukan untuk mencari tenaga sukarela dari mahasiswa dengan melibatkan beberapa dosen untuk membantu Perpustakaan Fakultas Biologi UGM. Mahasiswa dan dosen yang terlibat selanjutnya akan mengenalkan dan memberi bimbingan mengenai cara memanfaatkan sumber-sumber informasi dari jurnal elektronik yang telah dilanggan UGM. Kegiatan ini diampu oleh pengurus Forum Pustaskawan UGM, yaitu Purwoko SIP, MA (Perpustakaan FT UGM) dan Budhi Santoso SIP, M.Hum (Perpustakaan F. Geografi UGM).

Sebagai tindak lanjut,  perpustakaan Fakultas Biologi UGM pada tanggal 9 Agustus 2017 mengadakan sosialisasi perpustakaan dalam acara PPSMB Metamorphoself. Pada kesempatan ini, kepala perpustakaan Fakultas Biologi UGM menugaskan Rusna Nur Aini, A.Md untuk memperkenalkan fasilitas dan layanan yang tersedia di perpustakaan. Pada acara tersebut, turut disosialisasikan mengenai pelatihan penelusuran akses jurnal elektronik dan manajemen sitasi menggunakan Mendeley pada mahasiswa baru.

f8c0abd1-5f2e-404b-a752-b042a9641aad

Mahasiswa baru mengikuti kegiatan

Selanjutnya, kegiatan tersebut disambung pada tanggal 14 Agustus 2017 sampai dengan tanggal 25 Agustus 2017. Kapasitas ruang komputer hanya dapat menampung 20 orang per hari, maka kegiatan ini di bagi menjadi sepuluh kelompok dari jumlah 200 mahasiswa. Keterampilan dalam penelusuran jurnal elektronik dan manajemen dokumen dengan aplikasi Mendeley sangat bermanfaat bagi mahasiswa Biologi. Hal ini ditunjukkan dengan  peserta yang antusias mengikuti pelatihan, serta di demonstrasikan cara pembuatan daftar pustaka dan menulis sumber kutipan otomatis yang lebih mudah dan cepat dari cara manual. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas mutu layanan serta mengoptimalkan penggunaan fasilitas perpustakaan. (Rusna Nur Aini)