Mengoptimalkan teknologi untuk melayani pemustaka difable

Pada hari Kamis (24/8) diadakan seminar dan workshop dengan tema “Aplikasi Teknologi Informasi bagi layanan Difable di Perpustakaan” bertempat di UNY. Pada kesempatan tersebut, kami, Siti Hidayati dan Widayati berkesempatan mengikuti sebagai utusan Forum Pustakawan UGM. Berikut paparan singkat materi. Menurut UU nomor 43 tahun 2007 yang dimaksud dengan perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya… Read More »

Sosialisasi jurnal elektronik dan manajemen sitasi di Fakultas Farmasi

Sebagaimana fakultas lain, kegiatan sosialisasi jurnal elektronik dan manajemen sitasi juga diselenggarakan oleh Perpustakaan Fakultas Farmasi UGM. Berita selengkapnya di http://farmasi.ugm.ac.id/v1/berita-314-perpustakaan-farmasi-selenggarakan-workshop-econtent-dan-managemen-reference-tools.html  

Perpustakaan Fakultas Biologi menyambut mahasiswa 2017

Mengawali kegiatan Perpustakaan Fakultas Biologi UGM pada awal semester I tahun ajaran 2017/2018, perpustakaan mengadakan training of trainer tentang penelusuran akses database jurnal elektronik dan manajemen sitasi menggunakan Mendeley. Kegiatan ini ditujukan untuk mencari tenaga sukarela dari mahasiswa dengan melibatkan beberapa dosen untuk membantu Perpustakaan Fakultas Biologi UGM. Mahasiswa dan dosen yang terlibat selanjutnya akan mengenalkan dan… Read More »

Pustakawan UGM berkontribusi pada Call for Papers di Universitas Negeri Malang

Enam pustakawan UGM (30/8) berkumpul di Universitas Negeri Malang (UM) dalam rangka presentasi Call for Papers. Tercatat ada 7 (tujuh) makalah yang lolos pada kegiatan ini. Berikut ini judul dan penulis enam makalah tersebut. Kajian Semiotik terhadap Satuan Ruang Perpustakaan (Purwani Istiana, Faruk H.T.,) Pola Pencarian Informasi Jurnal Ilmiah pada Database Langganan Perpustakaan UGM di kalangan Mahasiswa Fakultas Kedokteran… Read More »

Dua pustakawan UGM wisuda pada tingkat pasca sarjana

Budhi Santoso, dan Aprilia Mardiastuti pada tanggal 22 Agustus 2017 resmi diwisuda pada program pasca sarjana UIN Sunan Kalijaga. Keduanya lulus dari program studi Ilmu Perpustakaan. Budhi kesehariannya bertugas di Perpustakaan Fakultas Geografi, sementara Aprilia di Perpustakaan Pusat UGM. Tentunya ini kabar yang menggembirakan, karena akan semakin memperkuat jajaran Perpustakaan UGM dalam meningkatkan layanannya kepada… Read More »

Purwani Istiana, pustakawan terbaik Perpustakaan Nasional 2017

Pemilihan pustakawan berprestasi selalu dilaksanakan setiap tahunnya, demikian pula yang dilakukan Perpustakaan Nasional RI tahun 2017 ini. Dari Daerah Istimewa Yogyakarta, diwakili oleh Purwani Istiana, MA., pustakawan dari UGM yang kesehariannya ditempatkan di Perpustakaan Fakultas Geografi. Berikut ini beberapa rangkuman wawancara singkat dengan Purwani Istiana, terkait dengan perlombaan yang baru saja diikutinya. Nina, demikian panggilan… Read More »

MOOC: belajar dengan banyak peserta, tidak terikat waktu [2]

Hari kedua (11/8) Sesuai niat hari sebelumnya, hari kedua kami datang ke lokasi workshop dengan jalan kaki. Karena jarak tidak terlalu jauh, dengan jalan yang belum pernah kami lalui, pagi itu perjalanan dari penginapan ke lokasi workshop terasa menyenangkan. Padahal, malam harinya, kami keliling Bangkok dengan diantar seorang teman yang bekerja di Perpustakaan Nasional Thailand.… Read More »

MOOC: belajar dengan banyak peserta, tidak terikat waktu [1]

Tanggal 10-11 Agustus 2017, kami berdua berkesempatan mengikuti workshop dengan tema MOOC (Massive Open Online Course), di Universitas Mahidol, Thailand. Kegiatan ini terkait dengan forum kerjasama perpustakaan ASEAN, AUNILO (ASEAN University Network Interlibrary Online). Pelaksanaan workshop dipusatkan di Mahidol Learning Center, kampus Salaya. Sementara kami menginap di Salaya Pavilion, Mahidol International College. Jarak keduanya cukup… Read More »