Maryono: Pustakawan kalem yang blognya juara 3 se UGM

By | 23rd January 2018
pp

Maryono. Foto: istimewa

Maryono, sosok pustakawan UGM yang kalem, anteng namun memiliki konsistensi yang luar biasa, khususnya dalam hal penelitian dan tulis menulis. Bukan hanya menulis ilmiah, tentunya, namun juga membahasakan penelitiannya dalam blog yang dia kelola.

Maryono menyampaikan bahwa blognya dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan untuk mendokumentasikan beberapa naskah yang pernah dibuat, juga agar naskah-naskah tersebut dapat dipelajari dan dikembangkan oleh rekan pustakawan dan masyarakat luas. Selain itu, Maryono juga melihat potensi blog sebagai sarana mengekspresikan ide dan inspirasi yang belum tersalurkan. Melalui media blog, ide-ide yang ditulis akan langsung terindeks google dan bisa diakses melalui internet dengan mudah.

Sama seperti blogger lainnya, ketika awal login, Maryono mengotak-atik tampilan. Kemudian setiap ada hal menarik, langsung dituliskan. Hal yang tak diduga datang di pertengahan Desember 2017, Maryono mendapat email dari DSSDI bahwa blognya mendapatkan award sebagai salah satu blog teraktif. “Saya betul-betul tidak menyangka, karena memang sangat awam, dan belum paham seluk belok blog. Dari berbagai diskusi dan bertanya-tanya, akhirnya web blog saya bisa operasional seperti sekarang”, demikian Maryono menyampaikan.

Blog Pak Maryono mengulas tentang berbagai hal terkait kepustakawanan. Postingnya yang paling baru terkait publikasi ilmiah di Indonesia yang cukup signifikan pertumbuhannya. Kemudian ada pula kajian tentang teknologi informasi, jurnal metrik, hak cipta dan lainnya. Pada blog ini pula, Pak Mario menuliskan berbagai penelitian yang pernah dilakukannya. Informasi ini dapat diperoleh di http://masyono.staff.ugm.ac.id/penelitian/.

Screenshot at 2018-01-23 07-53-03

tampilan blog Pak Maryono

Akhir 2017, blog Pak Mario, demikian beberapa temannya menyapa, yang beralamat di http://masyono.staff.ugm.ac.id/ dinobatkan sebagai juara 3 blog kategori staf pada tahun 2017. Atas prestasi ini, Pak Mario berhak memperoleh sebuah hardisk eksternal kapasitas 1TB. Kompetisi ini khusus blog yang beralamat di domain ugm.ac.id. Info lengkap tentang pengumuman ini dapat dilihat di https://dssdi.ugm.ac.id/rilis-berita/blog-ugm-award-2017.html.

Terkait capaian yang diperolehnya, ucapan selamat pun banyak disampaikan pada beliau. “Selamat Mas Maryono atas capaiannya. Luar biasa hasil kerja antengnya”, demikian apresiasi yang disampaikan Dra. Nawang Purwanti, M.Lib, Kepala Perpustakaan UGM. Demikian pula ucapan lainnya dari rekan sejawat: “Selamat ya Pak Maryono….Perpustakaan OK” (Uminurida Suciati), “Selamat njih pak Maryono Semoga barokah…Ikut senang,  Amin YRA…” (Rusna NA), “Selamat Mas Maryono….hebat” (Endah Ch).

Semoga prestasi ini dapat merambat pada pustakawan lainnya.